Minggu, 17 April 2011

BAB I
PENDAHULUAN

A. Pengertian
Imunisasi adalah pemberian kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit dengan memasukkan sesuatu kedalam tubuh agar tubuh tahan terhadap penyakit yang sedang mewabah atau berbahaya agi seseorang.
Imunisasi berasal dari kata imun yang berarti kebal atau resisten.
Imunisasi terhadap suatu penyakit hanya akan memberikan kekebalan pada penyakit itu saja, sehingga untuk terhindar dari penyakit lain diperlukan imunisasi lainnya.
Imunisasi biasanya lebih focus diberikan kepada anak-anak karena system kekebalan tubuh mereka masih belum sebaik orang dewasa ,sehingga rentan terhadap serangan penyakit berbahaya.

B. Tujuan
1. Tujuan Umum
a. Laporan ini dibuat guna memenuhi persyaratan dari penyelesaian tugas praktek Kebidanan Komunitas
b. Agar para pembaca mengetahui tentang hal-hal yang terkait tentang imunisasi
2. Tujuan Khusus
a. Agar mahasiswa bisa memahami materi tentang imunisasi.
b. Agar mahasiswa bisa memberikan pengetahuan tentang imunisasi

C. Sasaran
1. Bayi
2. Balita
3. Anak


BAB II
PENGKAJIAN KELUARGA

A. Analisa Data
Anak memiliki nilai yang sangat tinggi untuk keluarga dan bangsa.Setiap orang tua mengharapkan anaknya dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan memiliki kesehatan yang baik sehingga dapat menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.
Pemberian imunisasi untuk bayi ,balita, dan anak sangat penting karena untuk mempertahankan kekebalan tubuhnya terhadap suatu penyakit,juga untuk mengurangi angka penderita suatu penyakit yang sangat membahayakan kesehatan bahkan bisa menyebabkan kematian.

B. Prioritas Masalah
Permasalahan yang muncul dari pembahasan mengenai imunisasi ini yaitu masih kurangnya pengetahuan ibu tentang pentingnya imunisasi terutama pada ibu-ibu yang dengan pendidikan rendah, mereka menganggap imunisasi hanya akan merugikan anaknya,karena menurut mereka anaknya akan sakit setelah anak mereka di imunisasi.

C. Daftar Masalah
Adapun masalah-masalah yang timbul berdasarkan prioritas masalah tersebut adalah :
1. Ketidaktahuan ibu tentang imunisasi
Hal ini menyebabkan ibu untuk malas membawa anaknya untuk diimunisasi karena ibu kurang mengetahui tentang imunisasi dan bagaimana pentingnya imunisasi terhadap anaknya.
2. Tingkat pendidikan ibu
Tingkat pendidikan ibu yang rendah menjadi salah satu daftar masalah disini karena kebanyakan ibu memiliki tingkat pendidikan rendah yang menyebabkan mereka kurang memahami tentang imunisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar